Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara kerja pompa air jet pump

 Juraganacee.com - kali ini saya akan membahas tentang jet pump dan cara kerjanya, karena masih banyak orang yang belum tahu tentang cara kerja dari pompa jenis ini, dimana pompa ini sedikit berbeda dari jenis pompa yang biasa kita gunakan di rumah.

Cara kerja pompa air jet pump


Bagian pompa jet pump

Bagian utama dari pompa jet pump sama seperti pompa yang lain, yaitu motor penggerak utama  dan di lengkapi dengan otomatis presure switch, kemudian ada tangki udara ( nitrogen ) fungsi dari nitrogen atau tekanan udara ini agar tidak ada bunyi cetak cetak dari otomatis presure switch nya karena kadang banyak orang kurang faham tentang fungsi tangki udara ini, kebanyakan mereka menggunakan presure switch tetapi tidak memasang tanki udara maknanya terdengar bunyi cetak cetak dari otomatisnya.

Kemudian bagian yang lain adalah mata jet yang ada pada dasar air dekat dengan filter di bawah sumur, bagian ini lah yang tidak di punyai oleh pompa-pompa biasa, karena pompa biasa tidak menggunakan komponen ini sehingga pompa jet pump lebih kuat karena menggunakan komponen jet ini.

 Cara kerja jet pump

1. Mata jet harus berada di bawah air ya ! Jadi saat memasang usahakan mata jet berada pada dasar air dan harus masuk ke dalam air agar fungsi jetnya berjalan dengan baik, dan filter harus ada atau harus menggunakan komponen agar tidak kemasukan kotoran saat pompa bekerja.

2. Cara kerja nya adalah dari bawah filter air masuk melalui filter kemudian masuk dan naik melalui impeler kemudian masuk ke atas sampai ke pipa tekan di atas pompa, dan sebagian air kembali turun ke bawah melalui pipa yang satunya karena jet pump mempunyai 2 buah pipa, di mana pipa yang satu nya ini untuk mengalir kan air kembali kebawah dan berguna membantu mata jet untuk mendorong air kembali naik keatas dengan tekanan yang lebih besar.

3. Jika tanpa jet maka hasilnya tidak akan sama dengan pompa yang menggunakan mata jet, karena jika menggunakan jet dorongan air akan lebih besar dan kenceng.

Kelemahan pompa jet pump

Kapasitas air rendah karena keluaran air di bagi menjadi 2, yaitu masuk ke dalam pipa ke toren dan sebagian lagi di dorong untuk turun melalui mata jet di bagian bawah, sehingga air kurang kapasitas nya.

Pemakaian daya listrik juga lebih besar jika di bandingkan dengan jenis pompa biasa karena memerlukan putaran yang lebih besar juga dari pompa biasa.

Daya sedot jet pump juga lebih baik jika di banding dengan yang biasa beserta dorongan air nya.

Harga jet pump juga tentunya lebih mahal jika di bandingkan dari pompa-pompa biasa.

Ok guys! Demikian penjelasan singkat tentang cara kerja dari pompa jet pump ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.



Posting Komentar untuk "Cara kerja pompa air jet pump"