Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara analisa kode kedip AC sharp eco inverter

 Juraganacee.com - selamat berjumpa kembali dengan juraganacee.com, pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi kepada teman-teman semua tentang cara menganalisa kode kedip indikator AC sharp inverter model eco inverter. Pada beberapa waktu yang lalu saya sempat menemukan kode berkedip nya lampu indikator pada AC sharp eco inverter yang mengalami kendala dimana kedipan lampu indikator nya berkedip sebanyak 2 kali kedip untuk indikator operasinya kemudian 5 kali kedip untuk indikator timer nya dan 1 kali kedip untuk indikator power full jet nya.

Cara analisa AC sharp eco inverter


Langkah awal pemeriksaan

Langkah awal pemeriksaan saya adalah dengan menghidupkan AC dan mulai mengecek satu persatu di bagian arus kompresor nya dan setelah saya cek arus yang masuk pada posisi 1,5 A kemudian untuk tekanan freon nya berada pada tekanan 100 psi dan AC inverter ini menggunakan freon R410a.

Dengan kondisi pengukuran seperti ini AC bisa berjalan normal dan kondensasi pada pipa tekan terasa dingin sementara itu untuk pipa besar terasa kering, dan evaporator pun terasa dingin, setelah di tunggu beberapa lama kode indikator muncul dan kompresor pada outdoor unit mati sendiri sementara di bagian fan outdoor tetap hidup.

Setelah dalam kondisi ini AC saya matikan dan mulai mengecek bagian modul outdoor dan ternyata modul dalam kondisi bagus, dengan demikian saya bisa menarik kesimpulan penyebab eror muncul pada AC sharp inverter ini berada pada kompresor yang mengalami kerusakan atau over head.

Dan benar saja setelah di cek tahanan pada kompresor antara pin satu dan yang lainnya mengalami penurunan tahanan dan dapat di simpulkan bahwa kompresor ini memang rusak sehingga untuk mengatasi masalah ini kita perlu mengganti kompresor dengan yang baru.

Kesimpulan

Kesimpulan dari pengecekan yang saya lakukan pada AC sharp inverter berdasarkan kondisi di atas  dan mengacu pada kondisi kedipan indikatornya yaitu:

  • 2 kali pada indikator operasinya.
  • 5 kali pada indikator timernya.
  • 1 kali pada indikator powerfull jet nya.
Merupakan kode adanya kerusakan pada komponen outdoor unit yaitu kompresor nya mengalami kerusakan atau over head.

Semoga dengan adanya artikel ini teman-teman teknisi terutama bagi pemula dapat menjadi pelajaran atau pengalaman jika sewaktu-waktu anda menemukan kasus seperti yang saya bahas di atas, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Posting Komentar untuk "Cara analisa kode kedip AC sharp eco inverter"