Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi kode eror A6 ac inverter daikin

Ac daikin inverter

Juraganacee.com - Daikin sebagai salah satu produsen air conditioner terkenal dengan fitur-fitur yang canggih mampu membuat orang percaya dan banyak yang menggunakan merk AC ini. AC Daikin tidak saja memanjakan pengguna nya tetapi juga selalu berinovasi untuk teknologi yang lebih maju. 

Dengan kemajuan yang semakin canggih ini Daikin memaksimalkan dalam penanganan servis nya, dengan menambah pendeteksi kerusakan yang akan muncul jika AC mereka mengalami masalah. 

Salah satunya adalah penanganan dalam hal perbaikan yang akan saya sampaikan di bawah ini. Kode yang muncul pada display layar remote Daikin adalah A6. 

Dengan munculnya kode ini, itu artinya AC mengalami masalah yang harus segera di perbaikan. 

Lalu apa masalah yang sedang terjadi jika kode menunjukan A6 ini? 

Mengacu pada daftar kode yang ada pada buku petunjuk yang di keluarkan Daikin, kode ini adalah kode dimana indoor unit mengalami trouble atau ada sesuatu masalah, terutama fan indoor tidak bekerja dengan baik, atau mengalami gangguan sehingga indoor unit tidak bekerja, dan jika indoor tidak bisa bekerja otomatis outdoor juga tidak akan bisa bekerja. 

Cara analisa kerusakan 

Untuk menganalisa kerusakan seperti ini, teman-teman harus jeli dan teliti, karena hal ini memerlukan ketelitian agar kita tidak salah analisa, atau salah prediksi sehingga akan menambah kos perbaikan semakin tinggi. 

Langkah-langkah perbaikan yang

Jika kita sudah tahu bahwa kode tersebut menunjukkan adanya gangguan pada indoor unit maka langkah pertama adalah kita hidupkan AC terlebih dahulu! 
Perhatikan fan indoor berputar atau tidak? 

Jika tidak berputar kita menuju ke langkah selanjutnya yaitu bongkar lah casing indoor beserta modulnya perhatikan motor fan indoor menggunakan arus DC atau arus ac? 

Mengapa kita harus memperhatikan motor ini karena penanganan yang pun akan berbeda antara arus DC dan arus AC. 

Jika menggunakan arus AC langkah yang harus teman-teman ambil adalah dengan mengganti kapasitor pada motor tersebut, letaknya di dalam modul tersebut yang bertanda simbul kapasitor dengan ukuran 1,5 mikro farad, caranya ganti kapasitor tersebut dengan yang baru! 

Jika pengganti sudah di lakukan tetapi motor tidak berputar itu tandanya ada masalah pada motor nya, umur tahanan yang ada pada motor jika motor tersebut rusak, ganti dengan yang baru! Sesuaikan ukuran dan motornya dengan yang aslinya! 

Jika motor indoor menggunakan arus DC perhatikan langkah-langkahnya berikut ini! 

Lepas kan motor dari duduk nya bongkar pada motor tersebut perhatikan magnet yang ada pada motor biasanya magnet ini berkarat atau kotor atau ada semutnya. 

Bersihkan dan lap sehingga bersih dari kotoran-kotoran yang mengganggu kinerja dari motor tersebut, pastikan bersih ya! 

Lakukan langkah-langkah step by step seperti arahan di atas! 

Jika masih juga motor tidak berputar kita beralih ke modul indoor nya! 

Kemungkinan besar jika teman-teman sudah melakukan hal di atas tetapi motor tidak bisa berputar, jalur modul atau rangkaian yang menuju ke motor bermasalah. 

Lakukan pengecekan jalur dan IC pengontrol untuk menghidupkan motor dengan cara mengukur komponen yang berhubungan dengan motor tersebut! Mungkin  di lain kesempatan akan saya posting cara dan langkah-langkahnya. 

Di kesempatan ini saya hanya membahas tentang perbaikan motornya saja dan cara penangananya. 

Kesimpulan 

Dari penjelasan di atas kesimpulannya adalah kerusakan A6 pada AC Daikin inverter terletak pada fan indoor yang bermasalah sehingga keluar kode A6, lakukan penggantian jika di perlukan agar kos perbaikan tidak terlalu tinggi. 

Selamat mencoba! 










Posting Komentar untuk "Cara mengatasi kode eror A6 ac inverter daikin"