Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara service pompa air celup/submersible

 Juraganacee.com - sebelum kita memperbaiki pompa celup maupun pompa-pompa lain nya sebaiknya periksa dulu box panel yang ada, bisa jadi kerusakan bukan pada pompa tetapi box panel yang mengalami kerusakan, cara pengecekan box ini adalah jika kita hidupkan pompa dan box panel jeglek overloadnya itu menandakan adanya beban berlebih atau ada permasalahan lain seperti pompa terbakar atau short body.

Perbaikan pompa celup


Untuk itu kita harus teliti sebelum kita melakukan tindakan lebih jauh lagi, box panel di pompa celup model sible ini di lengkapi dengan OLP atau overload protector sebagai pengaman jika pompa mengalami gangguan dan jika terjadi gangguan kita tidak boleh asal main jumper di bagian overload ini karena itu sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan pompa terbakar atau rusak.

Cara menangani pompa celup rusak

Perlu di ketahui box panel ini bekerja berdasarkan ampere atau arus yang masuk ke pompa jika ampere naik atau melebihi batas yang ada pada name plate maka overload akan protec dan jeglek, kuat arus yang ada pada pompa ini kisaran di angka 3A, dan jika melebihi akan jeglek, untuk mengatasi hal ini kita harus memeriksa setiap bagian kabel atau lilitan dari motor celup ini.
  • Langkah pertama kita cek kabel utama dari motor ini melalui dengan grounding jika kabel ini tersambung berarti ada kabel yang terhubung.
  • Kemudian kita cek kapasitor nya apakah masih dalam kondisi baik atau sudah mengalami penurunan kapasitasnya atau tidak jika mengalami penurunan kita harus menggantinya dengan kapasitor yang baru.
  • Kemudian kerusakan yang lain bisa jadi motor rusak atau impeler aus karena terkena kotoran atau lumpur karena pompa berada di dalam air.
  • Kemudian periksa lilitan motor pada pompa apakah masih dalam kondisi normal atau tidak karena ini sering juga terjadi.
  • Dan perlu di ingat jangan pernah main jumper sembarangan sebelum kita memeriksa semua komponen yang ada pada pompa.
  • Gunakan ampere meter untuk mengecek kuat arus yang masuk sehingga kita bisa mengetahui kondisi pompa.
  • Dan ukur menggunakan multitester ukuran kapasitor maupun resistensi lilitan pada pompa.
Usahakan pemeriksaan secara mendetail agar pompa bisa berjalan normal kembali, perlu diperhatikan juga overload jeglek bisa di sebabkan karena pompa mengalami beban berat karena macet atau terkena lumpur yang berlebih sehingga motor mengalami overload.

Akibat jumper overload sembarangan

Jika kita asal menjumper overload secara sembarangan akan berakibat kerusakan pada pompa nya itu sendiri, karena sebenarnya pompa mengalami gangguan tetapi kita paksa untuk menghidupkan secara terus menerus sehingga motor bisa panas dan menyebabkan kerusakan. Makanya untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan kita harus jeli dalam memperbaiki pompa model celup seperti ini.

Semoga bermanfaat !

Posting Komentar untuk "Cara service pompa air celup/submersible"