Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab eror C9 ac daikin

 Juragan acee.com - Salah satu penyebab kode eror C9 ac daikin bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah dari rusaknya jalur pcb yang ada pada sensor indoor. 

Penyebab eror C9 ac daikin

Coba sobat perhatikan gambar di atas! 

Gambar di atas menunjukan adanya tanda panah yang mengarah ke ujung pcb sebuah sensor yang ada pada ac daikin. 

Gejala kode C9 muncul

Biasanya ac daikin mengalami eror C9 atau indikator lampu ber Kedip-kedip, walaupun kita sudah ganti thermis pipa pada indoor ac daikin tetapi kedipan lampu indikator belum juga berhenti. 

Hal tersebut sering terjadi sehingga kita pusing di buatnya, salah satu penyebabnya bisa di sebabkan oleh rusaknya jalur atau rusaknya sebuah komponen kecil yang ada di pcb sensor ac tersebut. 

Bentuk komponen

Bentuk sensornya kecil yang berfungsi merubah resistansi naik dan turun tergantung kondisi udara yang di tangkap oleh komponen tersebut bentuknya mirip NTC/PTC fungsinya seperti merubah resistensinya naik atau turun. 

Jika komponen ini rusak maka akan mengakibatkan eror akan muncul dan keluar kode C9 pada ac daikin. 

Seharusnya jika kita ukur pada posisi dioda dia akan terhubung sekitar 15,25-15,27 ohm dan akan berubah berdasarkan suhu ruangan. 

Cara mengatasi eror C9 ac daikin

Ukur jalur pcb yang terhubung dengan komponen tersebut jika terputus kita harus memperbaiki jalur tersebut. 

Pastikan jalur tersebut aman dan terhubung, jika komponen itu rusak ganti dengan yang baru Mudah-mudahan permasalahan bisa teratasi. 

Semoga bermanfaat! 

Posting Komentar untuk "Penyebab eror C9 ac daikin"