Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab fan indoor DC ac panasonic tidak berputar

 Juraganacee.com - Ada beberapa penyebab mengapa fan motor DC indoor ac panasonic tidak bisa berputar, ini bisa di sebabkan oleh rusaknya beberapa komponen yang ada pada ac panasonic ini seperti modul, motor fan indoor atau beberapa komponen lainnya. 

Penyebab fan indoor DC ac panasonic mati

Di postingan kali ini kita akan membahas tentang beberapa kemungkinan yang sering terjadi dan sering kita temui pada masalah ac panasonic yang menggunakan fan indoor DC. 

Kemungkinan yang paling sering terjadi kerusakan ada pada jalur pcb yang korosi atau putus, untuk mengatasi hal ini sobat bisa memperbaiki jalur tersebut dengan menyambungnya kembali. 

Selain jalur yang rusak ada penyebab lain yang juga sering terjadi yaitu resistor pada jalur motor mengalami short sirkuit, resistor ini biasanya menggunakan resistor SMD.

Sesuaikan resistansinya untuk mengganti komponen ini, agar tegangan tetap sama sehingga tidak mengganggu kerja dari motor fan DC pada ac panasonic ini. 

Resistor yang sering mengalami short biasanya R. 703 berjenis resistor SMD, atau Elco kecil di bawah socket motor fan, sesuaikan ukuran dan besaran kapasitasnya. 

Jika mengalami kerusakan atau short sirkuit silahkan teman-teman ganti dengan yang baru! 

Selain pcb yang rusak ada penyebab lain yang juga sering kita temui saat memperbaiki ac panasonic ini, yaitu rusaknya motor fan indoor yang mengalami short atau terbakar karena adanya arus berlebih atau yang disebabkan oleh penyebab lainnya. 

Penyebab lainnya dan biasa mengalami kerusakan adalah IC yang menyuplai dan mengatur arus yang menuju ke motor fan, periksa dan cek menggunakan multimeter agar dapat memastikan kerusakan nya dan bisa melangkah lebih jauh jika memang pergantian komponen di perlukan. 

Periksa semua kabel penghubung antara socket di pcb yang menuju ke motor fan, karena walaupun sepele kemungkinan kerusakan bisa di mana saja, jadi alangkah baiknya pemeriksaan ini tetap kita lakukan. 

Semoga postingan ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang membutuhkan informasi tentang perbaikan ac panasonic. 

Salam. 

Posting Komentar untuk "Penyebab fan indoor DC ac panasonic tidak berputar "