Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AC inverter, AC lowwatt, AC standar mana pilihan anda

JuraganAcee - jika anda ingin membeli AC tetapi bingung memilih antara AC inverter,AC lowwatt,dan AC standartnya, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang ketiga jenis AC tersebut. Dan setelah anda mengetahui antara ketiganya mana yang  cocok dengan keinginan anda semoga artikel ini bisa membantu anda menentukan pilihan mana AC yang cocok untuk kebutuhan AC anda dirumah.

AC inverter


AC inverter

AC ini adalah AC yang mempunyai teknologi inverter, dimana AC tersebut membuat kompresor dapat bekerja menyesuaikan pada kebutuhan untuk mencapai suhu ruangan.

Sebagai contoh apabila anda menyetel suhu 24 pada remote AC inverter anda maka pada awal dinyalakan AC inverter akan bekerja dengan sangat keras, untuk mendinginkan ruangan.

Penggunaan awal ini menggunakan listrik yang lebih tinggi dari AC standart, pada saat suhu ruangan sudah tercapai 24 derajat maka kompresor akan bekerja seminimal mungkin.

AC inverter akan terus bekerja untuk memastikan suhu ruangan sesuai dengan suhu yang sistem pada remote AC. Hal ini membuat AC inverter tidak cocok untuk ruangan yang sering dibuka tutup secara terus menerus, dan tidak cocok untuk penggunaan AC yang sebentar karena penggunaan listrik awal yang tinggi.

AC lowwatt

AC ini mempunyai cara kerja yang sama dengan AC standart perbedaanya terletak pada penggunaan AC yang kecil, untuk mencapai kemampuan yang sama maka AC lowwatt memperkuat kipas angin pada outdoor unit.

AC lowwatt memiliki harga yang lebih mahal dari AC standart tetapi menggunakan daya listrik yang lebih efisien sehingga biaya listrik lebih murah dari AC standart hingga 20-30persen  perbulannya.

Tipe AC lowwatt ini cocok untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil karena memiliki tarikan listrik kecil dibandingkan dengan AC inverter dan AC standart.

Seperti pada AC Sharp lowwatt 1pk dengan penggunaan daya listrik sebesar 690watt, sedangkan untuk AC standart menggunakan daya 900watt.

Sedangkan untuk kekurangan AC ini adalah proses pendinginan lebih lambat dibandingkan dengan AC standart, karena menggunakan daya listrik yang paling kecil.

AC standart

AC ini mempunyai tarikan awal standart untuk mencapai suhu ruangan yang telah disetting di remote, setelah suhu ruangan tercapai maka kompresor akan berhenti bekerja, dan jika suhu ruangan kembali menjadi lebih panas maka kompresor akan bekerja kembali mendinginkan ruangan.

Harga AC standart lebih murah jika dibandingkan dengan AC lowwatt atau AC inverter.

Tipe AC yang paling irit

Ada 2 tipe AC yang irit tergantung dari penggunaanya yaitu:
  • AC lowwatt adalah yang paling irit dengan catatan untuk penggunaan yang tidak lama atau untuk ruangan yang sering dibuka tutup pintunya.
  • AC inverter dengan catatan digunakan dalam waktu yang lama dan pintu jarang dibuka tutup, contoh untuk ruangan ideal di kamar tidur dan kamar anak.
Berikut ini adalah solusi yang bisa anda terapkan untuk memilih ac tersebut sesuai ruangan yang anda miliki.
  • Ruangan anda memiliki daya kecil gunakanlah AC lowwatt.
  • Pintu ruangan sering dibuka tutup gunakanlah AC lowwatt atau AC standart.
  • AC sering di hidupkan dan dimatikan gunakanlah AC lowwatt atau standart.
  • AC anda hanya bekerja untuk waktu yang pendek gunakanlah AC standart atau AC lowwatt.
  • AC anda digunakan dalam waktu yang lama dan tidak sering dibuka tutup gunakanlah AC inverter.
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "AC inverter, AC lowwatt, AC standar mana pilihan anda"