Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerusakan pada kulkas tidak dingin dan cara perbaikanya

JuraganAcee - kerusakan pada kulkas tidak mau dingin dan cara perbaikanya. Dalam lemari es atau kulkas jika terjadi kerusakan bisa kita kelompokkan menjadi 2 bagian yaitu:
  1. Kompresor tidak mau start.
  2. Kompresor bekerja tetapi evaporator tidak menjadi dingin.
Mari kita bahas tentang gangguan ini

Kulkas 2pintu

  • Kompresor tidak mau start.
Jika kompresor tidak mau start kita bisa lakukan pengecekan sebagai berikut:
  • Periksa kabel instalasi dalam kulkas.
  • Tegangan yang mungkin terlalu rendah.  Untuk pemeriksaan pada kompresor kita bisa mengukur terminal kompresor dengan melepaskan steker dari kontaknya dan ukur tegangan di stop kontaknya dengan volt meter, pengukuran tegangan yang diperoleh tidak boleh lebih dari 10persen dari tegangan normal atas tegangan normal yang diminta. Apabila semua instalasi bagus dan ternyata tegangannya turun maka coba kita naikan dengan trafo sampai tepat pada tegangan normal.

Sebelum kita meneruskan percobaan pada kompresor, marilah kita tinjau dulu cara mencari terminal dari lilitan utama dan lilitan pembantu. Untuk tiap model kompresor letak dan susunan ketiga terminal tidak selalu sama, ada yang disusun mendatar ada yang berbentuk segitiga, maka sebelum mencoba menghidupkan kompresor kita harus mengetahui terminal-terminal tersebut.

Untuk mencari terminal CSR kita memerlukan ohm meter yang mempunyai skala kecil, perlu diperhatikan sebelum dilakukan pengurangan dengan ohm meter semua kabel dilepaskan terlebih dahulu,
Misalkan dalam pengukuran didapatkan 
  • Antara titik A dan B 10ohm.
  • Antara titik B dan C 2ohm.
  • Antara titik A dan C 12ohm.
Maka dapat kita simpulkan bahwa A sebagai S yang artinya sebagai starting.
B sebagai C yang artinya sebagai common, dan C sebagai running. Setelah terminal tersebut kita ketahui maka pasang kembali kawat tadi dan ukurlah antara C dan R dengan volt meter , begitu stopkontak dimasukan ke listrik tegangan yang dibaca tidak boleh mengalami penurunan lebih dari 10persen nya dari output tegangan trafo, seandainya tidak ada penurunan tegangan tetapi kompresor belum bekerja maka lepaskan kembali kabel yang berhubungan dengan terminal dan ukurlah dengan ohm meter antara R ,S dan C.

Pengukuran antara dua terminal lain tidak boleh mendapatkan hasil yang sama setidaknya tidaknya harus ada selisih paling sedikit 1,5 atau 1 ohm.

Dan ukur antara ketiga terminal dengan body kompresor jika ada hubungan maka lilitan sudah short, jika kompresor sudah mau bekerja berarti kompresor dalam keadaan baik.
  • Kompresor bekerja tetapi evaporator tidak mau dingin.
Hal ini bisa disebabkan oleh:
  • Didalam pipa kapiler ada es yang membeku atau benda lain yang membuat buntu, jika kapiler buntu sama sekali maka dipermukaan evaporator akan menjadi panas tetapi jika masih ada freon yang sampai ke evaporator maka sebagian evaporator dekat pipa kapiler terasa agak dingin, maka dalam keadaan ini kompresor bekerja ectra keras dan konsumsi listrik menjadi besar, kalau pipa kapiler buntu sebagian maka temperatur kontrol lama bekerjanya sebab suhu dalam lemari es lama menjadi dingin.
  • Kurang isi freon atau freon bocor.jika lemari es kekurangan freon maka kompresor tetap bisa bekerja tetapi proses pendinginan akan semakin lama, dan kompresor akan bekerja lebih lama, hanya sebagian saja pada bagian evaporator menjadi dingin, dan lama kelamaan freon akan habis karena ada kebocoran pada instalasi pemipaanya.
  • Klep kompresor rusak. Jika klep kompresor rusak maka akan terjadi hal-hal sebagai berikut: evaporator tidak dingin dan tidak ada es yang terjadi, kompresor akan bekerja terus menerus dan hanya membuat boros listrik, kompresor bekerja tanpa suara.
Tanda-tanda kurang isi freon adalah:
  • Evaporator tidak dingin dan bersuara.
  • Kompresor terus menerus bekerja.
  • Pemakaian listrik menjadi boros.
Perbedaan antara gejala kurang isi freon dan buntu

Kurang isi : kondensor panas, ampere rendah, suara evaporator seperti ada udara mengalir, tekanan gas rendah.

Buntu : kondensor dingin, ampere tinggi, suara di evaporator lemah sekali.


Menganalisa gangguan 

  • Tidak ada listrik mengalir: periksa sekring.
  • Ada kabel yang putus : sambung kembali hubungan kelistrikan.
  • Temperatur kontrol kontak dalam keadaan terbuka: putar temperatur kontrol ke off kemudian kembali ke normal.
  • Lilitan motor terbakar : periksa relay ini mesti selalu kontak terus.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.

2 komentar untuk "Kerusakan pada kulkas tidak dingin dan cara perbaikanya"