Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara setting suhu AC agar awet dan hemat listrik

JuraganAcee - cara agar penggunaan AC dirumah lebih awet dan hemat listrik ternyata masih belum di mengerti oleh kebanyakan orang, mereka masih belum memahami dan belum mengerti tentang cara-cara agar meminimalisir penggunaan agar AC hemat listrik dan tahan lama.



Cara menggunakan AC hemat listrik dan awet tahan lama
  • Settinglah suhu AC diatas 22 derajat Celcius.
Kesalahan yang biasa terjadi pada umumnya adalah setingan pada Remote AC yang di setting dibawah suhu 22 derajat Celcius, jika AC di setting pada suhu 16 derajat misalnya, sebelum ruangan mencapai suhu 16 derajat maka kompresor akan bekerja terus menerus hingga mencapai 16 derajat Celcius, ini menjadi pemborosan konsumsi listrik, karena hampir jarang AC bisa mencapai suhu tersebut dan inilah yang membuat umur kompresor menjadi lebih singkat.

Maka usahakan setingan remote minimal 22derajat Celcius, dengan begitu setelah ruangan tercapai maka kompresor akan segera berhenti bekerja dan beristirahat hingga suhu naik dan kompresor akan bekerja kembali mendinginkan ruangan.
  • Rawatlah AC anda secara rutin dan berkala.
Perawatan ideal agar AC anda awet adalah service rutin 3-4bulan sekali secara berkala. Lakukan cleaning pada AC unit menggunakan steam Cleaner bertekanan tinggi pada komponen-komponen penting pada AC seperti pada filter,evaporator,kondensor dan blower.

  • Sesuaikan kapasitas AC dengan ruangan.
Pastikan bahwa kapasitas AC anda sesuai dengan luas ruangan, bisa jadi karena ruangan terlalu besar dan kapasitas AC kurang besar maka hali ini yang menyebabkan konsumsi listrik menjadi boros.
  • Hindari buka tutup pintu secara terus menerus.
Ac bekerja mendinginkan ruangan secara terus menerus hingga tercapai suhu yang kita setting pada remote, jika pintu selalu di buka dan di tutup secara terus menerus hal ini membuat suhu ruangan tidak stabil dan hawa panas akan selalu masuk ke dalam ruangan sehingga membuat AC bekerja ekstra keras. Maka hindarilah buka tutup pintu ruangan anda, agar AC bekerja lebih cepat mendinginkan suhu ruangan.
  • Hindari menghidupkan AC setelah dimatikan.
Agar AC anda awet maka jangan menghidupkan AC sebelum tekanan freon dalam sistem stabil,tunggulah beberapa waktu kurang lebih 1menit barulah anda bisa menghidupkan AC kembali setelah dimatikan.

Dengan cara-cara diatas anda bisa lebih menghemat konsumsi daya listrik dirumah dan membuat AC akan lebih awet dan tahan lama.

Semoga bermanfaat dan selamat mencona. 

Posting Komentar untuk "Cara setting suhu AC agar awet dan hemat listrik"