Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mencari kebocoran freon pada kondensor AC

JuraganAcee - cara mencari kebocoran freon pada kondensor AC dapat kita lakukan dengan cara melepas outdoor dari instalasi pemipaan nya untuk kemudian kita bisa mengecek dan melakukan langkah- langkah untuk bisa menemukan kebocoran yang terjadi.

Kondensor AC  split

Salah satu cara untuk bisa menemukan kebocoran tersebut adalah dengan cara menggunakan alat bantu yaitu bisa dengan menggunakan vacump pump atau  dengan cara memberikan tekanan ke dalam sistem atau hanya dengan menggunakan air sabun.

Ok ..mari kita bahas satu per satu cara-cara di atas.

• langkah yang pertama adalah dengan menggunakan alat vacump pump.

Lepaskan outdoor unit dari instalasi, gunakan lah alat tambahan yaitu dengan membuat pipa hisap ukuran 3/8 dan pipa tekan ukuran 1/4 kemudian beri naple dan buatlah flaring pada kedua ujung pipa, kemudian pasang pada 2way dan 3way pada outdoor unit dan kencangkan dengan kunci inggris.

Tonton video cara mencari kebocoran pada kondensor AC




Pasang lah manipol pada pentil pengisian dan sambungkan ke alat vacump pump, hidupkan vacump sampai -30psig.

Lihat dan perhatikan apakah jarum pada manipol turun atau tetap pada posisi -30psig. Jika turun berarti ada kebocoran pada outdoor tersebut.

Untuk mengetahui kebocoran tersebut isi lah unit outdoor dengan menggunakan nitrogen atau menggunakan kompresor bekas yang sudah di modif seperti contoh foto di bawah ini.

Kompresor bekas AC split

Jika sudah di isi dengan nitrogen atau udara dari kompresor bekas tadi, gunakan air sabun dan ratakan pada bagian-bagian bagian yang kita curigai adanya kebocoran tersebut.


Setelah kita mengetahui kebocoran tersebut tambal dengan cara mengelas menggunakan las hi-kook atau las LPG.

Sebelum anda mengelas bagian tersebut buang angin atau nitrogen dalam outdoor dengan cara melepas manipol dari pentil pengisian, kemudian anda bisa mengelas bagian tersebut sebut dan ulangi proses diatas untuk mengetes apakah masih ada kebocoran atau tidak.

 Jika sudah tidak ada kebocoran proses perbaikan selesai dan pasang kembali outdoor seperti semula.

Demikian lah langkah-langkah untuk mengetahui kebocoran pada kondensor ac.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara mencari kebocoran freon pada kondensor AC"