Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendeteksi kerusakan kulkas 2 pintu

JuraganAcee - hai sobat semua pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang cara mendeteksi kerusakan kulkas 2 pintu.

Untuk bisa mendeteksi kerusakan pada kulkas 2 pintu, kita harus mengetahui terlebih dahulu keluhan apa yang terjadi pada kulkas tersebut.

Apakah kurang dingin, tidak dingin, atau dingin tapi tidak beku, atau bisa juga karena bagian bawah dingin sementara bagian atas bisa dingin...

Disini saya akan membahas hal-hal yang perlu kita kerjakan untuk mendeteksi kulkas tersebut.

Perbaikan kulkas 2 pintu tidak dingin sama sekali




  • Dengan mengecek kabel kulkas, apakah dalam keadaan baik atau putus sambungan nya.
  • Cek arus stop kontak, cek voltase bisa jadi karena drop tegangan.
  • Hidupkan kulkas laku cek pada kompresor apakah bekerja atau tidak. Bila tidak bekerja coba putar termostat ke kanan searah jarum jam.
  • Jika setelah diputar kulkas  kerja kemungkinan kerusakan pada Thermo fuse atau motor timer.
  • Tetapi jika kulkas tetap mati padahal overload dan PTC relay dalam keadaan normal sementara kompresor mati atau macet berarti ada kerusakan pada kompresor tersebut.
  • Cek sekering dan heater dengan membuka cover penutup blower kipas dan evaporator yang terletak dipinggir sebelah atas.
  • Untuk mengecek defros Thermo gabungkan kedua kabel defros Thermo lalu putar timer ke proses defros jika fuse dan heater dalam keadaan baik maka heater akan panas tapi bila heater tidak panas kemungkinan rusak cobalah ganti yang baru.
  • Cek heater kulkas dengan melepaskan dari instalasi dan coba dengan arus langsung 220v jika masih panas berarti heter dalam keadaan masih bagus.
Juka semua sudah kita lakukan dan ternyata kulkas tidak dingin itu artinya ada kebocoran gas freon dalam sistem.

Perbaikan kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku
  • Cek terlebih dahulu pada evaporator kulkas bila bunga es tidak merata maka kerusakan ada pada sistem refrigerant, seperti bocor halus , oli naik ke evaporator, penyempitan jalur pipa, kompresi kompresor tidak baik.
  • Bila terjadi penumpukan bunga es pada evaporator bisa dipastikan kerusakan pada defros sistem, atau pencaira es terjadi masalah.

Jika terjadi penumpukan bunga es pada evaporator langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut:
  • Buka lah tutup evaporator dan cairkan terlebih dahulu es pada evaporator dengan hair dryer atau siram dengan air panas agar cepat mencair.
  • Gabungkan kedua kabel pada defros Thermo untuk mengetahui apakah heater dan fuse berfungsi atau tidak dan kemudian putar lah timer ke posisi defros.
  • Tunggu sekitar 5 menit cek lah heater apakah panas atau tidak, jika panas maka heater dan fuse dalam keadaan baik.jika heater menggunakan jenis pipa yang berdampingan dengan evaporator pengecekan bisa sampai 10 menit atau lebih.
  • Cek pada timer kulkas dimana fungsi timer ini mengatur proses pendinginan dan proses defros. Untuk proses pencairan bunga es terjadi pada setiap 7jam sekali.jika terjadi kerusakan pada timer kulkas pada saat pendinginan maka proses pencairan es tidak bisa dilakukan , dan begitu pula sebaliknya.
  • Cara pengecekan timer kulkas dengan cara pegang lah timer kulkas jika ada getaran berarti motor masih bisa bekerja dengan normal , melihat putaran roda gigi untuk perpindahan waktu defros dan waktu pendinginan apakah berputar atau tidak dengan cara melihat disebelah pinggir timer biasanya terdapat plastik transparan yang berfungsi untuk melihat roda gigi berputar atau tidak. Untuk timer tanpa kaca anda harus melihat dan memegang timer tersebut apakah ada getaran atau tidak, jika bergetar tunggulah sekitar 45menit maka timer akan berpindah proses dari defros ke proses pendinginan.

  • Bila timer defros sudah dipastikan berpindah sendiri ke proses pendinginan maka dapat dipastikan timer dalam keadaan baik.
Kemudian untuk pengecekan selanjutnya tentang kulkas yang tidak bisa beku adalah dengan.


  • Pengecekan pada bimetal defros Thermo dengan multimeter, karena pada suhu normal defros Thermo kedua kabel bila diukur akan memutus dan bila suhu dingin akan terhubung. Untuk mengetahui hal tersebut defros Thermo harus didinginkan pada suhu 13 derajat Celcius dengan merendam pada air dingin.untuk itu bila sobat ingin mengetahui kerusakan pada kulkas 2 pintu untuk pengecekan defros Thermo anda bisa lihat dengan melihat fisik pada plastik pembungkusnya jika ada air atau embun biasanya defros Thermo sudah rusak atau tidak berfungsi normal. Namun terkadang adanya penumpukan bunga es terjadi karena pembuangan air tersumbat sehingga air tidak bisa mengalir keluar sehingga dapat mengakibatkan tergenangnya air dan air membeku didalam talang pembuangan.
Demikianlah langkah- langkah yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi kulkas 2 pintu yang mengalami pendinginan tidak maksimal atau pendinginan kurang merata ke seluruh bagian kulkas.


Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Mendeteksi kerusakan kulkas 2 pintu"