Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Acumulator kompresor AC split

JuraganAcee - Fungsi utama dari acumulator pada kompresor AC adalah mencegah masuknya refrigerant cair ke kompresor karena jika refrigerant cair ini masuk ke kompresor akan merusak Reed Valve pada kompresor.

Dalam sirkulasi nya Refrigerant yang keluar dari evaporator harus berbentuk gas karena sudah mengalami superheat beberapa derajat.


Hal ini untuk meyakinkan dan superheat ini supaya refrigerant benar-benar sudah berubah menjadi gass masuk ke kompresor.


Akan tetapi sering terjadi bahwa gas yang keluar dari evaporator masih berbentuk cair ,hal ini terjadi karena :
  • Fan indor mati atau sudah lemah.
  • Evaporator tersumbat oleh debu dan kotoran lainya yang menempel pada dinding evaporator.
  • Filter pada indor kotor
Untuk itulah kenapa kita harus selalu melakukan perawatan AC secara rutin agar kejadian diatas tidak terjadi pada AC kita.

Cara kerja acumulator

Refrigerant gas yang keluar dari evaporator yang bercampur refrigerant cair dan olie yang ikut sirkulasi akan masuk ke inlet acumulator.

Pada saat refrigerant masuk ke acumulator suhu refrigerant akan turun secara tiba-tiba sehingga refrigerant cair dan olie yang berat jenisnya lebih besar akan turun ke bawah acumulator dan refrigerant gas akan langsung masuk ke outlet acumulator.

Dan bagaimana nasib gas cair dan olie di dasar acumulator..?


pipa keluar acumulator dibuat melengkung 180 derajat, pipa masuk bagian atas lalu dilengkung kebagian bawah acumulator dan keluar dari bagian atas,dibagian bawah outlet terdapat lubang kecil (blad hole).

Melalui blad hole ini lah gas cair dan olie pelumas ikut terbawa masuk ke outlet acumulator.

  Baca juga :  Penyebab kerusakan kapasitor pada kompresor ac

Demikianlah fungsi acumulator pada kompresor AC , tanpa acumulator ini tentu sirkulasi refrigerant dan olie pelumas akan tidak normal.

Semoga bermanfaat dan salam.

#acumulator
#acumulator
#acumulator

Posting Komentar untuk "Acumulator kompresor AC split"