Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membongkar Fan Indor AC

JuraganAcee- Cara membongkar fan indor ac split sangat mudah dan gampang dilakukan, cara ini biasanya dilakukan untuk memeriksa kondisi laker ataupun kondisi putaran fan tersebut, di beberapa kasus yang sering saya alami di lapangan, adanya kotoran pada magnet yang berada di dalamnya.

Kotoran ini menghambat laju putaran motor tersebut sehingga kadang berbunyi menggelitik, seperti ada bunyi gesekan pada motor nya.


Bunyi menggelitik ini tentu mengganggu bagi pemilik AC tersebut, sehingga cepat-cepat mereka memanggil tukang AC untuk memperbaikinya.

Foto di bawah ini adalah contoh penampakan motor blower indoor pada AC split, 


Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dengan adanya bunyi pada fan indor ini, beberapa kemungkinan tersebut di antaranya adalah :
  1. Laker motor sudah aus.
  2. Adanya kotoran di dalam motor tersebut.
  3. Adanya hewan kecil di dalam motor.
  4. Sirip blower kontak body dengan benda di sekitar.
Cara membongkar fan indor AC

Cara pengerjaanya adalah sebagai berikut :

Setelah sobat melepaskan fan dari body indoornya langkah pertama adalah menggunakan obeng - kecil untuk mencungkil bagian bawah penutup pada laker atas, dengan perlahan dan hati- hati keluarkan penutup laker nya.

Hati-hati ya sobat karena di bawah nya ada PCB sensornya, jangan sampai mengenai PCB tersebut karena bisa merusaknya, lakukan dengan melihat PCB tersebut.

Setelah terbuka keluarkan juga PCB sensor keluar bersamaan dengan rotornya. Nah sobat bisa memeriksa kondisi di dalam motor tersebut, jika kotor lakukan pembersihan dan lap sampai bersih.

Jika laker perlu ganti bisa sobat ganti dengan yang baru, setelah selesai kembalikan seperti semula, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video YouTube juraganacee Chanel di bawah ini.



Contoh fan yang ada di video youtube di atas adalah fan indor merk panasonic  yang saya bongkar sebagai bahan percobaan.

Pada saat pembongkaran, hal yang perlu diperhatikan adalah :
 Hindari rusaknya PCB sensor yang berada di dalam motor tersebut.
Dengan alasan, jika terjadi kerusakan maka motor tidak akan bisa di setting kecepatannya, di sebabkan karena rusaknya PCB tersebut.

Untuk itu sobat harus berhati- hati  dan konsentrasi pada saat pembongkaran ya. Nah demikianlah sobat semua artikel kali ini tentang cara membongkar fan indor AC yang bisa kita lakukan sendiri, semoga bermanfaat dan samapi jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membongkar Fan Indor AC"