Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persamaan modul dual inverter AC LG

 Juraganacee.com - Jika sobat menemukan adanya kerusakan modul inverter terutama pada AC LG dual inverter, simak pengalaman yang baru saya dapatkan berikut ini!

Pengalaman pribadi

Jadi beberapa waktu yang lalu saya baru saja memperbaiki sebuah AC inverter merk LG, dan AC ini menggunakan jenis modul dengan tipe EBR854214.

Keluhan pemilik AC mengatakan bahwa AC tiba-tiba mati dan tidak bisa di hidupkan, walaupun sudah di pencet menggunakan tombol manual.

Pemeriksaan

Setelah saya lakukan pemeriksaan ternyata modul di bagian indoor mengalami konsleting listrik di bagian jalur-jalur komponennya.

Dan kerusakan yang di alami adalah pada bagian motor fan indoor tidak berfungsi atau mati dan tidak bisa berputar sama sekali.

Setelah di lakukan pengecekan lebih lanjut ternyata bagian IC penggerak fan indoor mati, dan perlu di lakukan penggantian, selain itu beberapa resistor juga mengalami konsleting sehingga harus di lakukan penggantian komponen.

Setelah bernegosiasi dengan pemilik ternyata minta di ganti dengan yang baru modul tersebut. Dengan alasan agar modul awet jika di ganti dengan yang baru.

Cari part di toko online

Setelah saya cari di beberapa toko online ternyata ada part tersebut tetapi bekas, sehingga si pemilik tidak mau menggunakannya. Dan terpaksa saya cari lagi dan tidak juga menemukannya.

Setelah cari ke sana ke sini tidak menemukan akhirnya saya berinisiatif mengganti modul inverter tersebut dengan tipe EBR8189 yang biasa di gunakan untuk AC LG inverter  jenis laen.

Dan ternyata modul tersebut cocok dan bisa di gunakan untuk dual inverter jenis ini.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Modul dual inverter

Gambar di atas adalah penampakan modul dual inverter milik AC LG tipe EBR854214 dan saya ganti dengan modul inverter tipe EBR8189 dan ternyata cocok dan bisa di gunakan di AC tersebut.

Perhatikan gambar berikut!

Modul dual inverter AC LG

Semua socket sama dan bisa di pasang kan, hanya ada beberapa komponen yang tidak sama tetapi masih bisa di gunakan antara keduannya.

Kesimpulan 

Dengan adanya pengalaman ini maka dapat saya simpulkan bahwa antara modul EBR854214 bisa di ganti dengan tipe EBR8189 dan cocok satu sama lainnya.

Ok sobat semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi kalian semua. Salam persahabatan.

Posting Komentar untuk "Persamaan modul dual inverter AC LG"