Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang volt meter dan fungsinya

 juraganacee.com - volt meter banyak kita jumpai di panel-panel listrik atau rangkaian listrik yang membutuhkan penunjuk tegangan yang berjalan pada suatu rangkain, sehingga kita bisa mengetahui tegangan yang ada agar rangkain listrik dapat di pantau kinerja nya.

Volt meter merupakan sebuah alat ukur yang biasa di gunakan untuk mengukur tegangan arus listrik, dengan volt meter ini kita bisa mengetahui seberapa besar tegangan yang ada sesuai dengan pengukuran yang kita lakukan.

Tentang volt meter dan fungsinya



Volt meter yang biasa di gunakan berdasar pada cara pembacaan nya biasanya ada 2 macam yaitu berjenis digital dan analog.kedua jenis ini yang paling sering di gunakan oleh para teknisi atau tukang listrik untuk mengukur tegangan listrik. 

Jenis volt meter digital hasil ukuran nya di tunjukkan oleh sebuah angka pada display nya sehingga lebih mudah saat pembacaanya, sedangkan jenis analog hasil pembacaanya di tunjukkan oleh jarum indikator pada skala tertentu sehingga agak sulit dalam pembacaanya.

Jenis volt meter

1 .Amplivied volt meter.

1 .Electro dinamometer volt meter.

3 .Rectifier volt meter.

4 .Permanent magnet moving coil volt meter.

5. Moving iron volt meter.

Dari jenis-jenis volt meter di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing, di bawah ini akan saya jelaskan tentang ke lima volt meter tersebut.

Amplivied volt meter

Untuk jenis volt meter ini mempunyai kelebihan yaitu input tahanan nya bisa di atur sehingga kita dapat mengatur tahanan yang masuk agar tingkat sensivitasnya tinggi. volt meter ini bekerja menggunakan catu daya dan amplifier.

Electro dinamometer volt meter

Keunggulan dari volt meter jenis ini ada pada proses pengukuran tegangan antara AC dan DC dapat di lakukan sekaligus dalam satu proses, sehingga dapat memudahkan penggunanya.

Rectifier volt meter

Sedangkan untuk jenis volt meter ini dapat mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC menggunakan rectifier.

PPPC Volt meter (permanent magnet moving coil)

volt meter ini bekerja berdasarkan sudut penyimpangan yang di hasilkan oleh medan magnet pada coil dan biasa di gunakan untuk mengukur tegangan DC.

Moving iron volt meter

Jenis ini di gunakan untuk mengukur tegangan AC dan tegangan DC pada mesin atau perangkat elektronik lainnya.

Pengukuran menggunakan volt meter biasanya akan terpengaruh dari apa yang di ukur dan seberapa besar input impedansi power suplay yang di gunakan atau seberapa besar temperatur yang ada.Untuk mendapatkan hasi yang lebih baik pasanglah volt meter dalam posisi pararel dengan skala yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara menggunakan volt meter

Cara menggunakan volt meter sangat mudah dan gampang di lakukan, jika sobat ingin mengukur tegangan listrik di rumah gunakan lah volt meter bisa yang berjenis analog atau digital.

Langkah penyambungannya perhatikan penjelasan saya berikut ini:
  • siapkan volt meter.
  • sambungkan satu ujung kabel volt meter ke kabel Line dan  kabel yang satunya ke bagian Netral.
  • penyambungan untuk pengukuran tegangan AC seperti ini boleh terbalik itu tidak jadi masalah kecuali jika tegangan yang di ukur DC maka tidak boleh terbalik.
  • setelah kedua kabel sudah di sambung perhatikan jarum indikator akan menunjukan angka yang telah terukur berdasarkan tegangan yang di baca oleh volt meter.

Perbedaan volt meter DC dan AC

Volt meter DC di gunakan untuk mengukur pada tegangan DC sedangkan volt meter AC untuk tegangan AC. jadi perbedaan nya sangat jelas ya guys!

Jangan sampai ke tuker itu ya mas bro..kalo ketuker bisa mbledus...he ...he..he..!

ok sobat mungkin itu yang dapat saya sampaikan jika ada yang kelewat atau kurang paham silahkan komentar di bawah ini.


Posting Komentar untuk "Tentang volt meter dan fungsinya"