Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi kode eror F4 AC changhong

 Juraganacee.com - Cara mengatasi kode eror yang muncul pada  AC changhong akan menjadi pembahasan kita kali ini ya sobat.setiap kode eror yang muncul pada setiap AC bisa berbeda-beda dan tidak sama cara penangananya disini admin akan sedikit berbagi pengalaman tentang cara mengatasi AC changhong yang mengalami kerusakan yaitu muncul kode eror F4 pada AC tersebut. 

Cara mengatasi kode eror AC changhong

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan permasalahan perbaikan AC changhong di mana AC tersebut mengalami eror dan tidak bisa di hidupkan dan di display muncul kode eror F4, setiap kali saya reset dan di hidupkan AC nya selalu muncul kode tersebut, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Langkah perbaikan AC changhong

Langkah yang harus sobat lakukan untuk mengatasi kode ini adalah dengan membuka cover indoor unit dan memeriksa modul yang ada, periksalah semua komponen yang berhubungan dengan fan motor pada AC ini, berdasarkan pengalaman jika muncul kode ini itu ada hubungannya dengan fan motor indoor unit.

Perhatikan rangkaian dan teliti semua komponen ya mengarah ke fan motor seperti kapasitor, resistor, dioda di sekitar nya dan beberapa komponen juga harus kita periksa. Dalam kasus yang saya tangani kerusakan ternyata ada pada resistor 100 kilo ohm, komponen ini mengalami penurunan hambatan hingga 20 % jadi hal ini tidak bisa di toleransi lagi dan harus di ganti dengan resistor yang baru 

Resistor 100 kilo ohm ini mempunyai daya 2 Watt jadi untuk menggantinya kita juga harus menyesuaikan dengan yang asli nya jika daya tidak sesuai komponen akan terasa panas dan mungkin bisa terbakar, untuk itu ganti lah dengan daya yang sesuai yaitu 2 Watt.

Letak posisi resistor 100 kilo 2 watt



Letak dan posisi resistor berada pada ujung bawah sebelah kiri bersebelahan dengan dioda dan kapasitor fan motor, resistor ini paling besar diantara resistor yang lain, jadi sobat bisa melihatnya dengan jelas.

Berdasarkan pengalaman setelah saya ganti resistor ini AC bisa normal kembali dan kode F4 sudah tidak muncul lagi di display. 

Tanda-tanda kode eror muncul pada AC changhong

  • Display muncul kode F4.
  • AC bisa di hidupkan sebentar dan akan mati setelah muncul kode tersebut.
  • Fan tidak berfungsi atau mati.
  • Outdoor tidak hidup.
  • AC tidak dingin.

Kesimpulan


Kode eror F4 yang muncul di AC changhong di sebabkan oleh matinya resistor 100 kilo ohm 2 Watt silahkan sobat ganti pasti AC Mak nyus ...kembali.
Salam sukses selalu!

2 komentar untuk "Cara mengatasi kode eror F4 AC changhong"