Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

perbaikan ac inverter panasonic tidak dingin

 

Perbaikan AC inverter panasonic tidak dingin

juraganacee.com - Perbaikan ac inverter panasonic tidak dingin di salah satu kampus yang ada di jogja, kendala yang di alami adalah ac kurang dingin, air pembuangan dari indoor unit juga hanya sedikit sekali.

Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk cara perbaikan ac seperti ini perlu teman-teman ketahui, indikasi yang muncul seperti ini ada beberapa kemungkinan yaitu :

  • sistem kekurangan refrigerant.
  • ac dalam kondisi kotor.
  • filter di indoor tidak normal atau sirkulasi udara tidak lancar.
  • kompresor sudah mengalami penurunan kapasitas.
Faktor-faktor yang saya sebutkan di atas bisa saja terjadi sehingga suhu di dalam ruangan tidak kunjung dingin, walaupun ac sudah dinyalakan dalam waktu yang lama.

Hari ini selasa 7 juni 2022 saya melakukan perbaikan untuk ac inverter merk panasonic berkapasitas 2pk ini. 

Analisa yang saya lakukan adalah

mengukur tekanan freon yang ada dan mengukur arus listrik yang masuk di outdoor unit, setelah saya lakukan pengukuran ternyata memang freon di sistem hanya bertekanan 80 psi dan ampere yang masuk hanya 4 Ampere, padahal di nameplate tertulis 6,8 Ampere.

Dari pengukuran ini saya sudah bisa menyimpulkan bahwa ac panasonic inverter yang saya tangani ini mengalami kebocoran freon, di tambah lagi kondisi kondensor juga kotor dan berdebu sangat banyak, sehingga hal ini lah yang menjadi penyebab dari kerusakan ac ini.

Langkah selanjutnya saya coba memeriksa setiap sambungan naple pada pipa ac dan bagian-bagian lain yang saya curigai dan biasa timbul adanya kebocoran sistem.

Dan benar saja, saya temukan adanya kebocoran di sambungan naple pada sambungan pipa di indoor unit, terlihat dari rembesan oli yang muncul di naple nya.

Langkah perbaikannya

Kebetulan kondisi tempat sambungan naple sangat sulit di jangkau, karena berada di lantai 2 dan posisi genting juga sangat curam sehingga sangat sulit untuk menjangkau nya, tetapi saya berusaha menjangkau dengan melepas sepatu, biar tidak licin guys....he..he.

Setelah saya bisa menjangkau sambungan naple tersebut saya mencoba lakukan pemotongan pipa dan membuat sambungan flaring yang baru agar tidak ada kebocoran lagi, karena ternyata naple kendor dan kurang kenceng.

Setelah selesai melakukan penyambungan naple yang baru dan saya rapikan saya beralih ke bagian outdoor unit dan melakukan vakum sistem.

Perlu teman-teman ketahui untuk ac dengan freon R410a seperti ini kita harus lakukan vakum sistem agar tidak ada kendala di kemudian hari, karena AC seperti ini sangat sensitif terhadap debu dan kotoran yang masuk ke sistem.

Ok guys kita lanjut ke pokok bahasan ya!

Setelah sistem kita vakum selama beberapa menit dan kita pastikan sistem tidak lagi bocor, kita bisa tutup manipol pada kran masuk, dan langkah selanjutnya kita masukan freon sekitar 70 Psi, dan kran pada 3 way di outdoor unit kita buka semua yaitu di jalur pipa tekan dan pipa hisap menggunakan kunci L.

Kemudian langkah selanjutnya kita hidupkan AC dan tunggu beberapa saat outdoor unit hidup, dan kita mulai isi kembali freon sambil melihat ampere pada kompresor.

Perhatikan ukuran freon agar tidak terlalu banyak yang masuk ke sistem dan usahakan arus ampere di bawah ukuran yang tertera di name plat outdoor unit.

Jika di name plat tertulis 6,8 sebaiknya kita hentikan penambahan freon di angka 6 ampere atau 6,2 itu sudah cukup sambil kita lihat indoor unit apakah sudah dingin atau belum.

Tekanan freon  biasanya berada pada kisaran 130 -150 Psi tergantung kemampuan kompresor, karena biasanya jika kompresor sudah lemah maka freon juga akan semakin rendah.

Jika indoor sudah terasa dingin kita hentikan penambahan freon, dan kita rapikan semua komponen yang ada pada tempatnya masing-masing.

Di bawah ini adalah video YouTube juraganacee Chanel tentang perbaikan yang saya lakukan di atas. 


Penutup

Ok guys demikian artikel tentang perbaikan AC inverter panasonic tidak dingin semoga bermanfaat dan salam dingin selalu. 

Posting Komentar untuk "perbaikan ac inverter panasonic tidak dingin"